Rekomendasi Harga Ikan Cupang Beserta Jenis-Jenisnya 2023

Ikan Cupang merupakan ikan air tawar yang habitat aslinya terdapat di beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Vietnam, dan Indonesia. Ikan ini memiliki bentuk dan karakter yang unik serta cenderung mempertahankan wilayahnya secara agresif. Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya digolongkan menjadi tiga kelompok yaitu cupang hias, cupang sakit dan cupang liar. Cupang asli ada di Indonesia, Betta channoides ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.

Ikan cupang termasuk ikan kuat yang bisa bertahan hidup dalam waktu yang lama. Sehingga jika ikan ditempatkan dalam tangki dengan jumlah air sedikit dan tidak ada alat sirkulasi udara (aerator), ikan tersebut masih dapat bertahan hidup.ikan cupang

Umur Ikan Cupang

Ikan cupang yang juga dikenal dengan nama ikan cupang atau ikan petarung Siam ini dikenal dengan warna yang menarik dan sirip yang mengepak. Seperti manusia, cupang bisa menua dari waktu ke waktu. Ikan cupang biasanya bisa hidup 2-5 tahun tergantung cara perawatannya. Ikan cupang yang dirawat dan diberi makan dengan tepat untuk makanannya berumur panjang.

Jenis – Jenis Ikan Cupang

Ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang paling populer. Mereka sangat disukai karena memiliki berbagai bentuk dan warna yang indah. Ada banyak sekali jenis ikan cupang yang biasanya diklasifikasikan menurut warna, corak dan jenis ekornya.

Ikan cupang bisa belajar mengenali pemiliknya. Ada berbagai cara untuk mengklasifikasikan ikan cupang. Ekornya bisa dilihat mulai dari bentuknya yang panjang dan mengalir sampai ada juga ekor pendek dan rapi. Pola tubuh juga memiliki banyak variasi, mulai dari campuran berbagai warna hingga pola satu warna.

Bagaimanapun juga warna dari ikan cupang adalah ciri khas yang paling mencolok. Semakin bagus warna dan bentuk ekor ikan cupang, maka ikan cupang akan semakin mahal. Pastinya Grameds ingin tahu jenis ikan cupang dan harganya ‘kan? Berikut adalah jenis-jenis ikan cupang dan harganya.

1. Ikan Cupang Crowntail

Ikan cupang crowntail

Ikan cupang crowntail adalah salah satu jenis ikan cupang yang paling populer. Spesies ini relatif muda, pertama kali dikembangbiakkan oleh Ahmad Yusuf sekitar 25 tahun yang lalu. Sirip spesies ini memiliki penampilan seperti mahkota yang panjang. Pada spesies ini, ikan cupang jantan memiliki warna yang mencolok sedangkan ikan cupang betina berwarna lebih terang dan ekornya sedikit lebih pendek dari ikan cupang jantan. 125.000/ekor

2. Ikan Cupang Veiltail

Ikan cupang veiltail

Ikan Cupang Veiltail merupakan spesies yang paling umum dan dapat ditemukan. Ikan cupang jantan dalam variasi ini memiliki ekor yang panjang dan berayun ke bawah. Veitail Bettafish hadir dalam berbagai warna dan penampilannya luar biasa. Jika ingin membudidayakan ikan cupang, jenis berekor ini paling dominan dibandingkan jenis lainnya. Betina veiltail sangat berbeda dari jantan. Betina Veitail cenderung berwarna lebih terang dan memiliki sirip dan ekor yang lebih pendek. Harga cupang kerudung mulai dari 100.000 hingga jutaan tergantung lapisan catnya.

3. Ikan Cupang Spadetail

Ikan Cupang Spadetail

Jika berbicara tentang keunikan ikan cupang ekor, anda tidak bisa mengabaikan ikan cupang spade tail. Ikan Cupang Spade Tail memiliki ekor yang cukup unik dengan bentuk yang tajam. Karena bentuk ekornya yang unik, cupang jenis ini langka. Bicara soal harga, ikan cupang jenis ini biasanya dijual dengan harga ratusan ribu rupiah hingga jutaan.

4. Ikan Cupang Plakat

Ikan Cupang Plakat

Ikan cupang plakat berbeda dengan ikan cupang pada umumnya. Ikan cupang plakat memiliki ekor yang bulat dan pendek. Sirip ikan cupang plak juga cukup pendek dibandingkan dengan jenis cupang lainnya. Namun ikan cupang plakat jantan memiliki warna yang sangat indah dibandingkan dengan betinanya. Spesies Betta ini dianggap sebagai bentuk tradisional yang ditemukan di alam liar. Nama plakat itu sendiri berasal dari bahasa Thailand dan berarti ikan aduan atau ikan cupang. Harga poster cupang mulai dari Rp. 30.000 – Rp. 70.000

5. Ikan Cupang Halfmoon

Ikan Cupang Halfmoon

Jenis ikan cupang sabit ini memiliki ekor yang besar dan berbentuk seperti setengah lingkaran yang menyerupai bentuk bulan sabit, sesuai dengan namanya bulan sabit. Ikan cupang jenis ini diternakkan secara eksklusif di penangkaran, jenis ikan ini tidak dapat ditemukan di alam liar. Ikan cupang bulan sabit biasanya diternakkan di kalangan ahli untuk ditampilkan dalam pertunjukan ikan cupang. Ikan Cupang Bulan Sabit pertama kali dikembangbiakkan pada tahun 1980. Ikan cupang jenis ini cukup sulit berkembang biak dan memiliki perilaku yang agresif. Harga mulai dari Rp. 30.000 – Rp. 300.000.

6. Ikan Cupang HMPK

Ikan Cupang HMPK

Ikan cupang yang banyak beredar di pasaran umumnya berjenis HMPK. Ikan cupang HMPK merupakan persilangan antara tipe Crescent dan tipe Plak. Meskipun merupakan persilangan, warna dan ukuran ikan cupang tetap bagus, sehingga dapat digolongkan sebagai ikan hias atau ikan aduan.

7. Ikan Cupang Halfsun

Ikan Cupang Halfsun

Selain ikan cupang HMPK, ada juga ikan cupang hasil persilangan antara ikan cupang sabit dengan ikan cupang crowntail. Yang unik adalah jenis cupang yang sering dijadikan ikan hias ini memiliki ekor yang dapat memanjang hingga 180 derajat dan sirip cupang ini mirip dengan cupang crowntail.

8. Ikan Cupang Slayer

Ikan Cupang Slayer

Ikan cupang selanjutnya yang terkenal dengan keindahan ekornya adalah ikan cupang Slayer. Ikan cupang jenis ini biasanya memiliki warna tubuh yang cukup terang sehingga sangat cantik dipandang. Ikan cupang slayer biasanya dijual mulai dari 30.000 hingga ratusan ribu rupiah tergantung bentuk dan warna ekornya.

9. Ikan Cupang Paradise

Ikan Cupang Paradise

Untuk jenis ikan cupang surga ini, ekornya sangat unik karena tidak seperti bentuk ekor ikan cupang pada umumnya. Ikan cupang jenis ini memiliki ekor bercabang, kemudian warna ekor ini hijau muda dan terdapat garis-garis. Harga ikan cupang surga jenis ini relatif murah, hanya sekitar 30.000 hingga 50.000 rupiah saja.